Rabu,27 Okt 2010

Ingin tahu beberapa concert hall di Jakarta, silahkan lihat info di bawah ini.


  1. Balai Sarbini

Terletak di Jalan Jenderal Gatot Subroto Jakarta. Balai Kartini menjadi salah satu gedung konser di daerah pusat Jakarta yang diresmikan pada Maret 1973. Pada saat diresmikan oleh Soeharto, gedung ini bernama Gedung Veteran RI. Gedung ini digagas oleh HM Sarbini yang merupakan salah satu tokoh penting dari TNI.

Pada perkembangannya, Balai Sarbini mengalami rehabilitasi dan diresmikan kembali oleh Megawati Soekarno Putri pada tahun 2004. Beberapa event besar pernah diadakan di gedung yang berada di kawasan Plaza Semanggi ini .

Sumber : Olahan Wikipedia


  1. Usmar Ismail Concert Hall

Beralamat di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jl. H.R. Rasuna Said Kav C. 22 Jakarta , Usmar Ismail Concert Hall mampu menampung kurang lebih 430 orang. Keunikan gedung ini terletak pada konsep, yaitu sebagai concert hall dan juga sebagai cinema hall. Ini merupakan satu satunya di Indonesia. Selain itu, penonton pun dimanjakan dengan interior yang ekslusif, kursi yang nyaman, serta penataan lampu yang modern.

Sumber : www.usmarismailhall.indonetwork.co.id


  1. Taman Ismail Marzuki

Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki atau yang biasa dikenal dengan Taman Ismail Marzuki memiliki lokasi di Jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat. Gedung ini berada di areal yang sama dengan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan Planetarium. Berbagai acara baik tradisional maupun dari luar negeri pernah diadakan di gedung yang diresmikan pada 10 November 1968 oleh Jenderal Marinir Ali Sadikin. Taman Ismail Marzuki memiliki 5 ruang kesenian, antara lain :

    • Graha Bhakti Budaya

merupakan gedung pertunjukan yang berukuran besar dan biasa dipergunakan untuk pertunjukkan konser musik, teater, dan tari.

    • Galeri Cipta II dan Galeri Cipta III

merupakan ruangan yang dipergunakan sebagai ruang pameran seni lukis, seni patung, diskusi, dan seminar serta pemutaran film pendek.

    • Teater Kecil / Teater Studio

Memiliki kapasitas penonton 200 orang dan biasa dipergunakan untuk mempertunjukkan teater, musik, pembacaan puisi, dll.

    • Teater Halaman

Dipersiapkan bagi para seniman muda teater dan puisi dalam melakukan eksperimen pertunjukkan seni. Karena terletak di halaman, jumlah penonton pun menjadi fleksibel.

    • Plaza dan Halaman

Biasa dipergunakan untuk area parkir. Akan tetapi areal ini juga terkadang dipergunakan sebagai lahan serbaguna dan pertunjukkan kesenian open air.

Sumber : Olahan Wikipedia


  1. Goethe Haus

Dimiliki oleh Goethe- Institut Jakarta, Goethe Haus menjadi salah satu ruang pertunjukkan yang memiliki kapasitas penonton 300 orang. Goethe Haus biasa dipergunakan untuk pertunjukkan musik, koor, pementasan kecil teater dan tari, pemutaran film, dll. Alamat : Jl. Sam Ratulangi 9-15 Jakarta.

Sumber : www.goethe.de


  1. Grand Chapel

Merupakan salah satu fasilitas yang ada di Universitas Pelita Harapan. Gedung pertunjukkan ini menjadi salah satu ruang apresiasi mahasiswa dalam berseni, terutama dalam bidang musik, tari, teater, ataupun puisi.

Sumber : Olahan


  1. Simfonia Jakarta

Terletak di Jl. Industri Blok B 14 Kav. 1 , Kemayoran , Jakarta Pusat. Gedung ini diresmikan pada tahun 2009 dan merupakan jawaban atas kebutuhan concert hall bertaraf internasional di Indonesia. Aula Simfonia Jakarta mampu menampung penonton sekitar 1.200 orang.

Sumber : www.aulasimfoniajakarta.com

  1. Erasmus Huis

Erasmus Huis adalah pusat kebudayaan Belanda di Jakarta. Dengan memfokuskan pada acara musik dan pameran, Erasmus Huis menjadi salah satu pusat kebudayaan yang aktif dan banyak dikunjungi orang. Walaupun terletak di pusat kebudayaan Belanda, Erasmus Huis tidak hanya menampilkan kebudayaan Belanda, akan tetapi juga menampilkan karya seni dari Indonesia. Setiap tahun banyak pemusik Indonesia yang tampil di gedung yang beralamat di Jl. H. R. Rasuna Said Kav. S-3 Kuningan, Jakarta.

Sumber : www.mfa.nl/erasmushuis/id

[ Back ]